VoyForums
[ Show ]
Support VoyForums
[ Shrink ]
VoyForums Announcement: Programming and providing support for this service has been a labor of love since 1997. We are one of the few services online who values our users' privacy, and have never sold your information. We have even fought hard to defend your privacy in legal cases; however, we've done it with almost no financial support -- paying out of pocket to continue providing the service. Due to the issues imposed on us by advertisers, we also stopped hosting most ads on the forums many years ago. We hope you appreciate our efforts.

Show your support by donating any amount. (Note: We are still technically a for-profit company, so your contribution is not tax-deductible.) PayPal Acct: Feedback:

Donate to VoyForums (PayPal):

Thursday, May 23, 19:36:32Login ] [ Contact Forum Admin ] [ Main index ] [ Post a new message ] [ Search | Check update time | Archives: [1]23 ]
Subject: Re: Logika Vs Fak Suk


Author:
Baksoy
[ Next Thread | Previous Thread | Next Message | Previous Message ]
Date Posted: 02:24:23 08/07/07 Tue
In reply to: Fak Lik 's message, "Re: Logika Vs Fak Suk" on 20:00:49 08/06/07 Mon

>Salam Tao,
>
>Fak Suk sebenarnya dan seharusnya bisa dilogikakan.
>Kalau tarafnya sudah sampai.Seperti tv yang kita
>tonton. Kalau dipikir-pikir kok bisa padahal tidak ada
>kabel. Kalau anda hidup dijaman purba, tiba-tiba tv
>menyala muncul orangnya..mungkin anda akan kaget.
>
>Fak Lik

Nah, kalo gini baru on, sy setuju faksuk harusnya bisa di "logika" kan walaupun mungkin untuk saat ini kelihatannya tidak masuk logika ( jadi intinya semua itu "logis" kalo ada yg gak logis itu cuma karena belum bisa dilogikakan aja ya...deal?!!) dan memang ini juga salah satu tujuan siutao yaitu untuk meyelidikinya sampai "ngerti".

Permasalahannya , jika pertanyaannya dibolak balik dan dicampur aduk , menyerempet masalah keyakinan , maka sy kuatir justru akan memperkabur pengertiannya .
Masalah keyakinan biasanya/umumnya khan sudah didominasi oleh permainan perasaan dan emosi.
Idealnya sih , keyakinan yang baik itu harus tumbuh dan berkembang dari dasar yang kuat dan kokoh yaitu bermula dari kepercayaan yang berakar dari pembuktian dan fakta , yang untuk selanjutnya berkembang menjadi tebal dan kokoh sehingga menjadi satu keyakinan yang tidak tergoyahkan .
Nah, permasalahan yang sering terjadi adalah jika pada awalnya kepercayaan itu bisa tumbuh dan berkembang dari pembuktian-pembuktian yang bersifat pengalaman spiritual pribadi , justru setelah sampai di level-level yang lebih tinggi sangat sering terjadi erosi mental yang mengikis keyakinan bahkan kepercayaan seseorang karena ketidakmampuannya untuk bisa "MELOGIKAKAN" segala fenomena, baik yang benar-benar "nyata dalam kehidupan", apalagi yang bersifat pengalaman spiritual/bathin.

Menurut saya pribadi ...proses demi proses itu semua wajar, belajar Tao emang seperti itu. Semua tergantung sejauh mana kita mampu memandang dan menyerap.
Semua seperti teori Yinyang juga, pada kondisi yang sederhana dan fisikal mungkin dengan kemampuan logika kita semua masih bisa kita logikakan, mulai masuk ke dunia yang lebih kompleks maka sudah mulai banyak bertemu hal-hal yang kok terlihat gak logis ( padahal semua itu gak ada yg gak logis karena merupakan proses sebab akibat dan sesuai dengan dealing di atas ) , lanjut...jika sudah mulai masuk ke lapisan yg menyentuh nyentuh metafisika ...disinilah yang biasanya mulai bikin hang logical prosessing manusia (terutama manusia yang hanya mengandalkan otaknya saja).
Misalnya saja , jika disini sy mengatakan bahwa " LOGIKA itu adalah yang Logis dan yang unlogis " , apakah kalimat ini bisa diterima ?
Mungkin sy dikatakan gila ya...hehehehe ( orang yang deal dengan saya diatas jadi ikutan gila deh ). Gak apa apa kok, sy juga pengen diskusi aja supaya lebih waras...jadi mohon penjelasan dan penjabarannya neh .....

Salam Tao

[ Next Thread | Previous Thread | Next Message | Previous Message ]

Replies:
Subject Author Date
Ngerti VS BisaObelix09:48:02 08/07/07 Tue


Post a message:
This forum requires an account to post.
[ Create Account ]
[ Login ]
[ Contact Forum Admin ]


Forum timezone: GMT+7
VF Version: 3.00b, ConfDB:
Before posting please read our privacy policy.
VoyForums(tm) is a Free Service from Voyager Info-Systems.
Copyright © 1998-2019 Voyager Info-Systems. All Rights Reserved.