VoyForums
[ Show ]
Support VoyForums
[ Shrink ]
VoyForums Announcement: Programming and providing support for this service has been a labor of love since 1997. We are one of the few services online who values our users' privacy, and have never sold your information. We have even fought hard to defend your privacy in legal cases; however, we've done it with almost no financial support -- paying out of pocket to continue providing the service. Due to the issues imposed on us by advertisers, we also stopped hosting most ads on the forums many years ago. We hope you appreciate our efforts.

Show your support by donating any amount. (Note: We are still technically a for-profit company, so your contribution is not tax-deductible.) PayPal Acct: Feedback:

Donate to VoyForums (PayPal):

Thursday, May 23, 19:54:08Login ] [ Contact Forum Admin ] [ Main index ] [ Post a new message ] [ Search | Check update time | Archives: [1]23 ]
Subject: Re: Dimana ilmiahnya ?


Author:
Baksoy
[ Next Thread | Previous Thread | Next Message | Previous Message ]
Date Posted: 01:24:08 08/22/07 Wed
In reply to: Obelix 's message, "Diamana ilmiahnya ?" on 10:34:48 08/21/07 Tue

Haloo lix,

Masalah hongsui itu ilmiahnya dimana ?
Loh bukannya kamu sendiri yang sudah jelasin diatas ...neh kutipannya :

1. Keamanan
2. Kesehatan (misal: sinar, ventilasi)
3. Kejiwaan (misal warna)
Itu adalah sisi ilmiahnya...

Trus yg 'tidak ilmiah' adalah unsur 'energi'.

Kalo menurut sy HongSui itu adalah "hal" yang ilmiah , karena (singkatnya) "merupakan salah satu bagian/jurusan ilmu Tao, yang merupakan hasil pemikiran, penelitian dan riset secara berkesinambungan oleh pakar-pakar Tao mengenai pengaruh tata letak, ruang dan bentuk serta waktu terhadap hidup dan kehidupan manusia".
Apakah ini masih belum cukup ilmiah bagi anda ...Om Lix ?

Kata HongSui itu sendiri artinya "angin dan air" , kata "angin dan air" ini dipakai karena sejak jaman kuno pakar Tao sudah mengerti bahwa hidup manusia ini sangat tergantung pada "angin/udara dan air" , makanya konsep pemikiran mereka mengenai pengaturan lingkungan hidup yang berkembang meliputi rumah , halaman dan taman , kebun dan sawah , jalan , desa , kota , benteng , istana , bahkan sedemikian detailnya sampai ke kuburan dll dll...itu ada perhitungannya yang semua itu berkembang dari konsep "angin" ( awalnya benar2 cuma liat angin...berkembang melihat udara , arah dsb yang diatas tanah ) dan "air" ( awalnya cuma liat faktor sumber air kemudian berkembang melihat tanah dan segala yang ada dibumi/daratan ).
Ilmu HongSui yang berkembang di daratan Tiongkok saat itu juga akhirnya menggabungkan berbagai disiplin ilmu yang berkembang saat itu seperti astronomi dan astroloogi serta ilmu peramalan serta melibatkan unsur-unsur ritual dan keagamaan dsb , semua itu bergulir begitu saja karena kondisi dan tuntutan jaman saat itu .

Jika di persepsi awam saat ini masih ada pandangan yang melihat bahwa praktek HongSui cenderung sebagai praktek klenik dll yang negatif , itu semata mata karena yang bersangkutan belum mengerti sepenuhnya mengenai konsep HongSui yang sebenarnya dan juga belum mampu melihat sejarah secara obyektif , atau juga karena pengaruh pihak-pihak tertentu yang mencoba meng-erosi "budaya tionghoa" dengan menyebar issu-issu negatif.

Harus kita ketahui bersama bahwa pakar-pakar Tao kuno di Tiongkok itu sebenarnya pada jamannya sudah demikian maju dalam pemikiran dan riset yang menghasilkan penemuan-penemuan yang berguna demi harkat hidup masyarakatnya, kalo gak mana mungkin mereka yang hidup di alam 4 musim (yang berat) disertai kondisi peperangan antar kerajaan yang gak pernah berhenti , walaupun ilmu pengetahuan dan teknologi Tiongkok sempat terhenti dan tidak berkembang sekian abad lamanya , tapi kehidupan dan budayanya masih tetap bisa berjalan bahkan berkembang dan bahkan masih hidup sampai saat...dan salah satu peninggalan tersebut adalah ilmu HongSui itu Om Lix....

Jadi jika anda menanyakan dimana "ilmiahnya" dalam persepsi "ilmiahnya anda" yang mempersepsikan bahwa hongsui itu gak ilmiah (lugasnya:tidak bisa dipercaya) ya gak apa-apa.
Jadi jika anda beli rumah ya gak usah pakai pilih-pilih letak,tempat,bentuknya dll ...yg penting ada pagar dan kunci (sudah aman), ada banyak jendelanya (udara dan sinar dijamin banyak), warna bagus (pakai warna soft dan menenangkan) sudah cukup khan...juga gak perlu harus pilih hari atau waktu ...kapan aja anda bisa pindah rumah...toh rumah milik sendiri hehehehe.

Lucunya , dimasyarakat awam...yang banyak terjadi adalah kaum yang mengaku "tidak percaya" hongsui itu justru yang demikian antusias menggunakan teori-teori hongsui dalam kehidupan mereka misalnya utk rumah dsb yang mana akhirnya karena "ketidak mengertian" atau salah kaprah atau bahkan cuma "latah" akhirnya justru efeknya jadi bias .
Bahkan ada pula pihak-pihak tertentu yang mengatakan/mengklaim mengerti hongsui dan bahwa hongsui itu bukan "milik" sebuah agama ?!?! Hehehehe jujur aja , sy sempat terpingkal-pingkal mendengarnya....hal ini mencerminkan begitu dangkalnya pengetahuan orang tsb mengenai "budaya tionghoa".
Bagi yang mengerti "budaya tionghoa" akan sangat mengerti bahwa didalam kehidupan masyarakat Tionghoa sejak jaman kuno itu tidak mengenal yang namanya konsep "paten" , jadi jika ditanyakan siapa yang menemukan sutra ? siapa yang menemukan mie ? siapa yang menemukan mesiu ? siapa yang menemukan ilmu kungfu ? Jawabnya ya itu semua milik orang/bangsa Tionghoa. Kalo hongsui mah semua juga tahu itu bagian dari praktek ilmu Tao , mana ada praktek HongSui dari ajaran/ilmu dari belahan bumi yang lain ?!?!
Kalo adapun namanya bukan "HongSui" , dan kalo namanya bukan Hongsui ya berarti bukan Hongsui....bener gak ??? Simple khan ....pecel ya pecel ...bukan gado-gado , bukan lotek , bukan juga lalapan .

[ Next Thread | Previous Thread | Next Message | Previous Message ]

Replies:
Subject Author Date
Re: Dimana ilmiahnya ?Obelix14:40:47 08/22/07 Wed


Post a message:
This forum requires an account to post.
[ Create Account ]
[ Login ]
[ Contact Forum Admin ]


Forum timezone: GMT+7
VF Version: 3.00b, ConfDB:
Before posting please read our privacy policy.
VoyForums(tm) is a Free Service from Voyager Info-Systems.
Copyright © 1998-2019 Voyager Info-Systems. All Rights Reserved.